BERBAGAI MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Madu merupakan cairan ilmiah yang mengandung banyak zat-zat penting yang bermanfaat bagi manusia. Madu telah dikonsumsi dan digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu karena dipercaya sangat berpengaruh bagi kesehatan. Beragam khasiat madu sudah bukan menjadi rahasia umum, terutama bagi masalah kesehatan dan kecantikan. Hal itu terbukti dengan banyaknya produk obat-obatan maupun kosmetik yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya.

Madu berasal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah madu. Rasa dari madu pada umumnya yaitu manis yang khas karena mengandung senyawa glukosa sebanyak 31% dan monosakarida fruktosa sebanyak 38,5% yang lebih baik daripada gula. Selain itu, hasil produksi dari lebah ini juga memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Komposisi tiap madu tidaklah sama, hal tersebut tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah saat menghasilkan nektar.

Semua kandungan madu di atas tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran bila madu memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Berikut di antaranya adalah:

  • Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Berdasarkan penelitian dari Cardiff University, United Kingdom, nutrisi dalam madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh sehingga stamina dan metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itum madu juga dapat melakukan detoksifikasi virus atau bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Itulah sekilas alasan mengapa madu dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

  • Menurunkan Berat Badan

Selain untuk menjaga kesehatan, madu juga dipercaya mampu menurunkan badan. Sebab madu dapat dicampur dengan bebagai bahan alam lain seperti perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut sangat ampuh mengecilkan perut secara alami apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, campuran bahan tersebut juga dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga lemak dan sisa makanan tidak terlalu lama mengendap dalam tubuh.

  • Mencegah kanker, diabetes, serta menyehatkan jantung

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah lantaran banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengganti gula dengan madu sebagai pemanis agar terhindar dari potensi penyakit diabetes. Sebab, madu memiliki kombinasi glukosa dan fruktosa yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah.

Selain itu, madu mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, salah satunya adalah kanker. Madu pun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung berkat kandungan antioksidan dan flavonoid sehingga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

  • Manfaat Madu bagi Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, madu juga berkhasiat untuk kecantikan. Berbagai faktor kecantikan mulai dari tampilan kulit wajah, bibir, dan rambut dapat dirawat dengan madu. Berikut adalah manfaat madu bagi kecantikan antara lain melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghaluskan wajah, mengobati jerawat, menyamarkan garis halus atau keriput, melembabkan bibir, mengatasi bibir pecah-pecah, membuat rambut lebih berkilau, membasmi kutu rambut, dan masih banyak lagi. caranya tidak hanya dikonsumsi saja, melainkan dapat digunakan sebagai campuran masker, krim wajah, hairmask, dan sebagainya. Demikian berbagai manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan. Yang terpenting untuk menjaga kedua hal tersebut yakni dengan cara cerdas dalam memilih madu yang murni dan rutin dalam mengonsumsi atau menggunakannya.

Limar Rendy Megantara S.I.Kom

Posted by Limar Rendy Megantara S.I.Kom

Tv Series junkie. Typical twitter trailblazer. Problem solver. Writer. Communicator. Amateur pop culture evangelist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *