DAUN KELOR, “SI KECIL” DENGAN SEJUTA MANFAAT BAGI TUBUH

Peribahasa “dunia tak selebar daun kelor” tentu tidak asing didengar. Hal itu menunjukkan bahwa daun kelor memiliki ukuran yang kecil. Meski kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh manusia. Bahkan sebagian ilmuwan menyebut tanaman daun kelor sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Penelitian mengenai kandungan daun kelor dimulai sejak tahun 1980. Mulai dari bagian daunnya, batang, buah, dan bijinya tak luput dari khasiat yang baik bagi kesehatan. Terutama pada daunnya yang sering kali dikonsumsi masyarakat Indonesia. Daun kelor berbentuk lonjong atau bulat. Ukurannya yang kecil tersusun pada tangkainya yang juga kecil. Sejauh ini, daun kelor hanya berwarna hijau saja.

World Health Organization (WHO) telah menganjurkan masyarakat di seluruh dunia untuk mengonsumsi daun kelor karena memiliki manfaat yang besar. Adapun kandungan dari daun kelor yakni vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk, potasium yang tiga kali lipat dari pisang, vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel, protein dua kali lipat dan kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu.

Selain itu, penelitian terdahulu juga menunjukkan khasiat daun kelor yang dapat diolah dengan berbagai cara demi mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, yakni:

  1. Melindungi kesehatan otak dan menjaga kestabilan mood

Sebagai tanaman yang memiliki kandungan protein tinggi dan kaya akan asam amino triptofan, daun kelor memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, yakni membantu tubuh agar “merasa lebih baik”. Adapun kandungan senyawa tiroid dan antioksidan berguna untuk menjaga stabilitas energi tubuh agar tidak mudah merasa kelelahan, insomnia, maupun depresi.

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Setiap orang tentu ingin menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Adapu studi yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan bahwa daun kelor yang diolah menjadi teh membantu untuk menangani masalah pencernaan yang mana dapat merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.

  1. Menjaga kecantikan wajah

Di beberapa negara, ekstrak daun kelor sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Sebab, daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dari flek hitam. Adapun ramuan sederhana dari daun kelor untuk kecantikan wajah yakni gunakan beberapa helai daun kelor yang masih muda, kemudian tumbuk hingga sangat halus dan gunakan sebagai campuran bedak atau pelembab.

  1. Cukupi gizi ibu menyusui

Daun kelor mengandung protein, zat besi, vitamin C, dan senyawa flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak dan berkualitas. Kandungan zat besi tinggi yang mencapai 25 kali lebih banyak dibanding bayam membuat daun kelor sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu usai melahirkan.

  1. Menyehatkan mata

Selain vitamin C, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan baik untuk mata. Mengonsumsi daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko hipermetropi, hipometropi, hingga katarak.

Citra A Wulandari

Posted by Citra A Wulandari

Proses Menjadi Dokter Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *