KENALI SEJUTA MANFAAT DARI SECANGKIR TEH

Teh merupakan minuman yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Saat di rumah maupun di luar, teh menjadi salah satu menu favorit baik dari kalangan muda hingga orang dewasa. Teh dapat diseduh dengan air hangat maupun dingin sesuai dengan keinginan. Dan yang paling penting untuk diketahui, teh tidak hanya memiliki aroma dan cita rasa yang khas, namun rupanya juga menyimpan berbagai manfaat yang akan berguna bagi kesehatan tubuh.

Sebelum berbicara tentang manfaat teh untuk kesehatan, perlu diketahui apa saja zat yang terkandung dalam teh agar tidak sembarangan untuk dikonsumsi. Adapun teh yang paling sering dinikmati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yakni teh yang berasal dari olahan daun teh atau Camellia sinensis. Daun teh ini memiliki kandungan utama folat, kafein, polifenol (katekin), lemak, dan juga asam amino. Selain itu, terdapat pula beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi teh secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, namun tentunya tidak dapat dikonsumsi secara sembarangan. Apabila ingin mendapatkan manfaat teh bagi kesehatan secara optimal, sebaiknya teh dikonsumsi tanpa adanya campuran gula, susu, maupun madu yang berlebihan. Selain itu, beberapa ahli juga menyatakan bahwa teh tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Hal ini dikarenakan teh dapat mengganggu penyarapan zat besi dan protein. 

Dari sekilas paparan di atas, tentu tidak dapat dipungkiri bahwa teh memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa di antaranya yakni:

  • Menjaga fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh mengandung zat kafein yang mana fungsinya untuk melancarkan peredaran darah menuju otak dan merangsang sistem saraf pusat. Kandungan kafein pada teh lebih rendah daripada kopi sehingga membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi berbagai kalangan. Di samping itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat pada teh juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson, yang mana penyakit tersebut dapat merusak otak dan menurunkan daya konsentrasi manusia.

  • Menurunkan risiko kolesterol tinggi dan diabetes

Teh dipercaya dapat membantu penurunan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, teh memiliki kandungan antioksidan sehingga kolesterol jahat tidak teroksidasi. Selain itu, teh juga dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

  • Menurunkan tekanan darah

Teh dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun selain harus mengonsumsi teh, perubahan pola hidup yang lebih baik juga wajib diterapkan agar mendapat hasil yang signifikan dalam membuat tekanan darah menjadi normal.

  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan antioksidan di dalam teh mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab, antioksidan dapat membunuh bakteri di mulut yang mana dapat menyababkan berbagai masalah gigi dan mulut. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsumsi teh secara rutin dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta mengurangi resiko terkena penyakit.

  • Membantu menurunkan berat badan

Sebagian masyarakat telah mengetahui bahwa teh bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Adapun jenis teh yang paling terkenal dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Sebab, teh hijau dapat membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh, terutama di bagian perut.

Roshiiana Mellathy

Posted by Roshiiana Mellathy

Content Writer, Bidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *