PENTINGNYA MERAWAT KESEHATAN KUKU KAKI DAN TANGAN

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Bagi sebagian perempuan, kuku mendapat perhatian yang cukup penting dalam mempercantik penampilan. Sesungguhnya, kuku adalah tulang yang tumbuh pada ujung-ujung jari tangan ataupun kaki yang fungsinya adalah sebagai pelindung ujung-ujung jari, di mana ujung-ujung jari merupakan tempat berkumpulnya saraf penting bagi tubuh manusia.

Pertumbuhan kuku lebih cepat dari tulang, yakni mencapai ½-1,5 cm per minggu. Kuku akan cepat memanjang apabila tidak segera dipotong. Selain itu, kuku yang panjang dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran sebab sebagian besar aktivitas manusia didominasi oleh penggunaan tangan. Kuku biasanya nampak kemerah-merahan sebab di bawahnya terdapat kapiler-kapiler untuk menerima suplai darah.

Pada umumnya, perawatan kuku yang biasa dilakukan yaitu memotong dan mengikir kuku setiap minggu secara rutin. Tidak banyak perempuan (apalagi laki-laki) yang memberi perawatan kuku berlebih seperti manicure dan pedicure. Sesungguhnya, fungsi dari merawat kuku yaitu agar tidak memberikan ruang bagi bakteri dan kotoran untuk bersembunyi di bawah kuku yang nantinya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Namun demikian, perawatan kuku selain memotong dan mengikir sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Memotong, Membersihkan, dan Merapikan Kuku

Seperti yang telah disebutkan di atas, merawat kuku yang paling sederhana yakni dengan memotong kuku. Jangan lupa pula untuk membersihkan kotoran yang ada pada sela-sela kuku dan mengikirnya sebelum mencuci tangan. Biasanya, kotoran di sela-sela kuku berwarna hitam atau putih. Perawatan sederhana juga dapat melalui menyikat kuku dengan sikat dan sabun setiap kali mandi agar kotoran di sela-sela kuku benar-benar bersih.

  • Rajin Mencuci Tangan

Hal sederhana selanjutnya yang dapat dilakukan yakni dengan mencuci tangan secara rutin. Mencuci tangan dengan sabun tidak terbantahkan manfaatnya dalam dunia kesehatan. Selain untuk menghilangkan kotoran dan bakteri di tangan, mencuci tangan menggunakan sabun terbukti mampu mencegah terjadinya penularan penyakit. Dalam mencuci tangan, jangan lupa untuk turut membersihkan kuku dan sela-selanya agar kesehatan kuku tetap terjaga.

  • Melembabkan Kuku

Kuku tangan maupun kaki yang jarang dirawat biasanya akan mengalami banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, memberikan pelembab kuku dan kutikula sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kuku. Cairan pelembab kuku sendiri biasanya terdapat di toko-toko maupun salon kecantikan. Adapun bahan alami yang dapat digunakan sebagai pelembab kuku yakni dengan mengoleskan cairan lidah buaya secara merata pada kuku tangan dan kaki.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kuku merupakan salah satu jenis tulang yang tumbuh pada jari-jari. Oleh karena itu, asupan kalsium sangat diperlukan oleh tubuh agar kuku tetap sehat. Adapun bahan makanan yang mengandung kalsium sangat beragam, antara lain yakni susu, ikan, keju, kacang-kacangan, dan sebagainya. Dari berbagai tips di atas, rupanya kesehatan kuku bukan hal yang sulit dilakukan. Yang terpenting adalah hindari terkena zat kimia sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan kuku. Kegiatan manicure dan pedicure yang terlalu sering pun juga tidak baik karena dapat membuat kuku rusak. Untuk itu, rawatlah dari hal-hal yang sederhana agar kesehatan kuku tetap terjaga.

Roshiiana Mellathy

Posted by Roshiiana Mellathy

Content Writer, Bidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *